Menjamurnya Bersepeda di Cilacap

Berita

Cilacap, Serayunews.com-Demam bersepeda melanda masyarakat Kota Bercahaya. Menjamurnya sepeda ini sebagai olah raga di tengah Pandemi Covid-19.

Pagi, sore maupun malam, pesepeda ini melintas di jalan-jalan raya. Baik hanya sendiri maupun rombongan.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Cilacap membuat surat himbauan bagi seluruh aparatus sipil negara (ASN) maupun Non ASN di jajaran Pemkab Cilacap untuk berangkat dan pulang kerja menggunakan sepeda. Dikhususkan pada Hari Jumat.

Hal ini dilakukan guna menjaga stamina fisik dan kebugaran pegawai di massa pandemi Covid-19. Penggunaan sepeda ini sudah dimulai sejak Jumat (19/6/2020) kemarin.

Warpin, salah satu ASN di jajaran Setda Cilacap mengatakan jika sudah berangkat menggunakan sepeda. Meskipun pada Jumat pagi, gerimis.

“Ya sudah mulai berangkat pakai sepeda,” ujarnya.

Meskipun mulai menjamur, namun jalur sepeda yang ada di Kota Cilacap belum akan bertambah. Saat ini jalur sepeda hanya ada di Jalan S Parman dan juga Jalan Jenderal Sudirman Cilacap.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo mengatakan jika tahun ini belum akan ada penambahan jalur sepeda baru. Akan tetapi jika dalam perkembangannya membutuhkan, maka akan diupayakan.

“Pemkab memfasilitasi untuk jalur sepeda baru sebagian kecil di kota, belum semua. Nanti bila dirasa sudah sangat diperlukan akan kita upayakan sambil melihat perkembangan,” ujarnya.

Tidak adanya anggaran penambahan jalur sepeda, karena adanya refocusing anggaran, untuk penanganan Covid-19. Namun, direncanakan akan dianggarkan pada tahun 2021.

“Bila sudah diperlukan akan kita upayakan sambil melihat perkembangan,” katanya.

Salah satu pesepeda, Wahyu menyayangkan meskipun baru beberapa ruas jalan yang memiliki jalur sepeda, tetapi digunakan oleh kendaraan lain untuk parkir. Sehingga tetap saja pesepeda harus mengalah dan harus beriringan dengan kendaraan lain.

“Di Jalan S Parman masih banyak yang digunakan untuk Parkir, jadi kalau bersepeda, saya lebih hati-hati saja di jalan. Karena satu jalur dengan sepeda motor dan juga mobil,” katanya.

Dia yang juga kembali bersepeda karena adanya pandemi Covid ini juga berharap agar ada jalur khusus sepeda yang terhubung antar jalan. Sehingga, pesepeda akan lebih nyaman, dan pengendara lain akan lebih menghormati pesepeda di jalan.

 

Sumber : https://serayunews.com/berita/pesepeda-menjamur-cilacap-belum-akan-tambah-jalur-sepeda/

nans@admin_Cilsel

Kecamatan Cilacap Selatan terdiri dari 5 Kelurahan : 1. Cilacap 2. Sidakaya 3. Tambakreja 4. Tegalreja 5. Tegalkamulyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *